Senin, 11 April 2016

KOIL MENGHENTAK BOYOLALI

Tahukah kamu dimana Boyolali itu? Mungkin banyak yang belum tahu dimana letak Boyolali. Boyolali sebenarnya lumayan terkenal, sering disebut sebagai kota kecil penghasil susu di Jawa Tengah. Terletak di kaki Gunung Merapi dan Merbabu atau sekitar 15 KM dibarat Kota Solo.

Boyolali memang cukup terkenal, namun bukan untuk urusan scene/acara music underground/rock/indie sejenisnya (bukan music yang melo-melo ya...), boleh dibilang scene music ini sepi di Boyolali. Dahulu kalo tidak salah pernah suatu kali NETRAL tampil di GOR Boyolali, tapi lupa angka tahunnya kemungkinan sekitar tahun 2000/2001. Itu sudah heboh banget, ndes! (sebutan untuk "kawan" di boyolali). Setelah itu seingat saya tidak ada Band Tersohor yang maen di Boyolali. Pernah suatu kali The Rain maen juga di Boyolali, tapi itu tidak saya hitung... hehehe...
KOIL
Tanggal 10 Oktober 2015, berlokasi di Alun-alun Boyolali akhirnya tampillah sebuah Band tersohor dan legendaris, dan mungkin satu-satunya Band dengan ciri khas Industrial main di Boyolali. KOIL, ya itulah band yang saya maksud, otomatis saya menyambutnya dengan sukacita.. :D. Sekilas tentang KOIL, adalah band Rock Industrial yang berasal dari Bandung, berdiri pada tahun 1993 dengan formasi awal Otong (Vokal), Donni(Gitar), Ibrahim Nas (Gitar/Bass), Leon (Drum) + Adam (Bass - masuk 2007). Penggunaan pakaian kulit Costumized, dominasi warna hitam, aksesoris logam/metal, sepatu bot tinggi dan yang lain identik dengan industrial gothic terlihat menjadi bagian dari tampilan panggung mereka. Ciri khas music mereka adalah menggunakan sampling-sampling suara-suara aneh seperti suara besi dipukul, suara kuntilanak, suara khotbah pendeta, suara mesin rusak dan berbagai suara aneh lainnya, ditambah penari latar yang sexy dan dipadukan dengan sampling synthesizer serta alunan rock sehingga menjadi berisik dan riuh namun tetap melodis. KOIL memadukan seni pertunjukan fashion, tari dan lagu dalam sebuah konsep yang matang dan gelap, sesuatu yang langka saat itu. Sampai televisi swasta MTV tertarik memberikan kesempatan KOIL tampil di MTV Music Award 2003, kesempatan yang sangat langka untuk sebuah band indie saat itu bisa tampil di MTV. Bahkan pada Majalah Rolling Stone Indonesia edisi #56 terbitan Desember 2009 yang memuat mengenai 150 Lagu Terbaik Indonesia, satu lagu KOIL berjudul Mendekati Surga dari album Megaloblast masuk sebagai salah satu lagu terbaik. Prestasi yang cukup mentereng untuk sebuah band yang sangat malas membuat album ini.

Untuk para Tentara KOIL/KOIL Killer (sebutan untuk fans KOIL), beruntunglah kalian bisa menonton pertunjukan "humor" KOIL di Boyolali. Saat itu saya berhalangan untuk nonton KOIL karena ada hal yang lebih penting yang saya lakukan. Namun sebelumnya di tahun 2012 saya menyempatkan diri nonton KOIL AKUSTIC RECITAL di Bandung, konser tunggal KOIL dalam bentuk akustik. Cukup mewah. Jadi bisalah kita mencari uang dahulu kemudian bersuka-ria dan bersenang-senang bersama KOIL di kesempatan yang akan datang.

Foto: Arie (Google)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar